Iklan Billboard 970x250

Cara Mengenali Lowongan Kerja Penipuan

Cara Mengenali Lowongan Kerja Penipuan

Sejatinya infomarmasi lowongan kerja adalah informasi yang sangat berharga bagi para pencari kerja.

Namun Lowongan kerja sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk melakukan penipuan, modusnya mengatasnamakan perusahaan tertentu. 

Untuk itu anda para pencari kerja harus berhati-hati dalam menerima informasi lowongan kerja. 

Perlu anda ketahui bahwa Perusahaan Besar Swasta atau BUMN setiap membuka lowongan selalu melalui situs resmi perusahaan. 

Berikut adalah Tips untuk mengetahui lowongan asli atau penipuan :

1. Cek Alamat E-mail

Biasanya para pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan alamat email mengatasnamakan perusahaan tertentu, dengan domain gratisan seperti Gmail,yahoo,outlook dan lain-lain.

Namun sekarang mereka lebih niat, yaitu dengan meniru persis domain perusahaan misalnya saja lowongan penipuan PT. Gudang Garam Tbk dimana website resmi perusahaan ini adalah www.gudanggaramtbk.com namun E-mail penipuan lowongan menjadi "recruitment@ptgudanggaramtbk.com" seharusnya E-mail recuritment dari PT. Gudang Garam adalah "Recruitment@gudanggaramtbk.com".  Jadi buat anda pencari kerja pastikan kembali email yang akan anda kirimkan lamaran.

2. Meminta Anda Membayar Jasa Travel yang telah Ditunjuk

Jika anda menerima panggilan kerja Via E-mail dari  pelaku, pasti akan anda pemberitahuan agar anda melakukan reservasi tiket dan hotel, anda diminta untuk membayar sejumlah uang untuk membayar jasa travel dan hotel kelokasi tes dengan dalih biaya yang anda keluarkan bisa diklaim atau diajukan penggantian.  Jika itu isi E-mail yang anda terima, maka dipastikan lowongan ini adalah lowongan penipuan dan anda harus mengabaikan E-mail ini, karena sudah banyak korbannya.

3. Searching di Google cari Informasi Perusahaan

Agar anda lebih yakin bahwa lowongan tersebut adalah lowongan palsu/penipuan silahkan cari informasi mengenai perusahaan, misalnya Proses rekrutmen dari perusahaan yang  bersangkutan.

Nah semoga anda para pencari kerja bisa lebih bijak lagi dalam membaca informasi lowongan kerja, jangan mudah percaya dengan iming-iming gaji besar dan lain sebagainya.

Posting Komentar